Bertahan Mencintaimu Itu Melelahkan, Baiknya Kuakhiri Walau Perih

PORTAL SINDO - Pernah kah kamu merasa demikian lelah mencintai seseorang? Kamu berjuang sepenuh hati untuk bisa lakukan yang paling baik untuk dia. Kamu sudah mengorbankan beberapa hal untuk dia. Tetapi, ia tidak perduli dan malah melukai. 

Mencintai seorang yang tidak perduli pada diri kita itu memanglah berat. Kita sudah berkorban beberapa hal namun sedikit juga ia tidak pernah coba mengerti. Bila sudah begini, apakah mesti mempertahankannya atau sebaiknya menyudahi semuanya? 



Hingga Kapan Mau Mengorbankan Perasaan?

Mencintai seorang memang perlu pengorbanan. Namun jangan pernah pengorbanan itu jadi berbuntut luka di hatimu. Bila sampai kini pengorbananmu tidak dihargai sama sekali olehnya, mending kamu fikir lagi lagi, deh. Apakah kamu akan terus mempertahankannya atau mulai melepasnya? 

“When you think this pain is all you deserve, you are right. You are the only one that can decide how long you will walk in hell. ”
― Shannon L. Alder 

Cuma dirimu dan hatimu sendiri yang paling dapat mengerti hingga kapan kamu dapat bertahan. Mencintai seorang tidak harusnya membuat kamu selalu berurai air mata. Bila tidak ada kebahagiaan dan kenyamanan yang kamu dapat dari mencintainya, kelihatannya inilah waktunya untuk mengambil langkah mundur. 

Kamu Bisa Mencintai, Kamu Juga Memiliki hak Dicintai 

Bukan punya maksud memaksakan hubungan timbal balik atau untung rugi dalam satu hubungan cinta. Cuma saja, bila hanya kamu terus yang senantiasa mencintai tanpa ada memperoleh hak untuk di cintai, ibaratnya kamu terbang cuma dengan sebelah sayap. Kamu tidak dapat terbang tinggi dan rasakan kebebasan. Memaksa untuk terbang juga cuma akan membuat kamu jatuh lebih keras ke bumi. 

Kadang Berpisah Bisa Jadi Keputusan Terbaikmu 

Mungkin saja berat untuk berpisah dengan seorang yang sesungguhnya demikian kamu cintai. Namun bila pada kenyataannya dia beberapa jelas tidak perduli kepadamu, perpisahan mungkin saja keputusan paling baik. Setidaknya, dengan berpisah kamu jadi miliki peluang untuk membuka lembaran baru. Tidak lagi selalu merasa dirugikan dan tidak dipedulikan oleh orang yang begitu kamu sayangi. 

“The most liberating moment, is the moment you finally let go. ”
― Ava Harrison, Imperfect Truth 

Menyudahi Satu Perasaan Memang Berat, Namun Percayalah Hatimu Kuat 
Berat memang untuk menyudahi satu perasaan. Cuma saja memang perlu ketegasan bila hatimu telah sangat lama dipermainkan oleh seseorang. Jangan pernah kamu mengorbankan kebahagiaanmu sendiri untuk seseorang yang tidak pernah mau menghormati perasaanmu. 

Walau demikian, pada akhirnya semua keputusan dan pilihan ada di tanganmu, Ladies. Kamu tahu yang terbaik untuk dirimu sendiri dan hidupmu.