Dua Bomber AS Terbang di Langit Korsel

Portal Sindo, Dua pesawat pembom strategis supersonik Amerika Serikat, B-1 Lancer, terbang diatas langit Korea Selatan pada Selasa pagi sebagai bentuk unjuk kemampuan dan solidaritas berbarengan sekutunya di dalam penambahan kemelut pascauji coba nuklir Korea Utara ke lima. 

Dua bomber itu terbang rendah diatas Pangkalan Udara Osan di Korea Selatan, atau 77 kilometer (48 mil) dari perbatasan Zona Demiliterisasi dengan Korea Utara dan 40 km. (25 mil) dari ibu kota Korea Selatan, Seoul. 

Pesawat mata-mata AS, U2, terbang dari Lanud Osan, Korea Selatan.


Sebelumnya, B-1 Lancer dijadwalkan bakal tiba di Korea Selatan pada Senin tempo hari dari pangkalan militer AS di Guam. Tetapi terlambat akibar cuaca jelek. 

Bomber itu dikawal jet tempur Korea Selatan serta AS yang lakukan terbang rendah di langit Osan. 

Penerbangan ini disaksikan oleh 28. 500 personel AS yang diletakkan di Korea Selatan, bersama Komandan AS di Korea Selatan, Jenderal Vincent K. Brooks dan Kepala Staf Paduan Korea Selatan, Jenderal Lee Sun-jin. 

 " Demonstrasi ini memberi satu diantara contoh dari beragam kekuatan militer ke-2 negara yang tergabung dalam aliansi untuk menyangga serta menguatkan solidaritas, " kata Brooks, seperti diambil situs Reuters, Selasa, 13 September 2016. 
Pada Senin tempo hari, Korea Selatan menyampaikan bila " saudaranya " itu tengah menyiapkan eksperimen nuklir penambahan dengan ledakan yang lebih dahsyat. 

Tes ini sebagai jawaban atas sanksi penambahan yang akan diberikan Dewan Keamanan PBB pada negeri Kim Jong-un itu. 

Sedang, para utusan nuklir Korea Selatan serta Amerika Serikat berjumpa di Seoul hari ini untuk mengulas respon mereka pada uji coba nuklir Korea Utara yang makin mengkhawatirkan. (viva. co. id)